Selasa, 22 Februari 2011

Teknologi dan Pendidikan

Heem lagi-lagi kata "teknologi" muncul dalam pembahasan kali ini. Ini membuktikan kalau teknologi sudah ada dimana-mana. Sekarang ini sudah sangat susah bagi kita untuk memisahkan diri dengan teknologi. Lantas adakah hubungan antara teknologi dengan pendidikan? Mari kita lihat..
Kalau ditanya adakah hubungan antara teknologi dengan pendidikan, lantas apa jawabannya? Tentu saja pasti ada hubungan antar keduanya. Dewasa ini murid dan guru diharuskan untuk melek teknologi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).
Murid-murid dewasa ini tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan di masa ketika orang tua dan kakek mereka masih menjadi murid. Jika murid ingin siap kerja, teknologi harus menjadi bagian integral dari sekolah dan pelajaran di kelas (Earle, 2002; Geisert & Futrell, 2000; Sharp, 2002).
Tidak hanya murid yang harus melek teknologi, tetapi gurunya pun juga harus melek teknologi. Agar pendidikan dengan menggunakan sarana teknologi dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Tapi faktanya, banyak guru yang tidak memiliki pengetahuan memadai dalam menggunakan komputer, dan banyak sekolah tidak menyediakan workshop atau pelatihan yang dibutuhkan. Dan dengan perkembangan teknologi yang pesat, komputer yang dibeli sekolah menjadi cepat ketinggalan zaman. Bahkan ada yang rusak dan perlu diperbaiki (Baines, Deluzain, & Stanley, 1999).
Berikut ada beberapa manfaat dari menggunakan internet di kelas sebagai media pembelajaran:
  • Untuk membantu menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan.
  • Mendorong belajar bersama.
  • Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru.
Tapi pada kenyataannya terdapat kesenjangan dalam penggunaan komputer. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam penggunaan komputer (Gipson, 1997; Sheffield, 1997):
  • Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural, dan etnis.
  • Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender, etnis, dan kultural.
  • Beri murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karier mereka.
  • Bicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer di rumah.
 Yang paling penting adalah bagaimana cara memilih dan menggunakan teknologi di kelas? Berikut beberapa pedomannya:
  • Pilih teknologi dengan tujuan untuk membantu murid melakukan eksplorasi aktif, menyusun, dan me-restrukturisasi informasi.
  • Cari cara untuk menggunakan teknologi sebagai bagian dari pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran dunia nyata.
  • Pilih teknologi yang menyajikan model positif bagi murid.
  • Keahlian pengajaran Anda amat penting, terlepas dari teknologi yang Anda pakai.
  • Teruslah mempelajari teknologi dan tingkatkan pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi.
Daftar Pustaka:
Santrock,J.W. 2008. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua.Jakarta: Prenada Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar